Pada tanggal 20 Mei 2015, dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-4 Universitas Dhyana Pura melalui Lembaga Pembelajaran 7 Karakter mengadakan kuliah umum dengan tema “Harmony in Diversity” yangsejalan dengan keputusan Universitas Dhyana Pura pada tahun 2015 sebagai tahun keberagaman. Kuliah umum ini diikuti oleh 267 mahasiswa semester 2 dari program studi manajemen, sastra inggris, pendidikan anak usia dini, psikologi, Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fisioterapi, Biologi, ilmu gizi, ilmu kesehatan masyarakat, sistem informasi, teknik informatika dan perekam informasi dan kesehatran.

Kuliah umum kali ini disampaikan oleh Bapak Yapada Haekase, S.Pt, beliau adalah seorang fasilitator catalytic trainer yang sudah berpengalaman baik di Indonesia, bahkan beberapa kali beliau pernah menjadi fasilitator catalytic trainer di luar Indonesia seperti di Filipna, Thailand, Timor Lester, Thailand dan Tiongkok. Dalam materinya bapak Yapada Haekase menyampaikan bahwa pentingnya dunia kampus dalam membangun suatu harmoni di dalam keberagaman, bahwa dunia kampus terdiri dari beragam suku, agama dan ras sehingga kampus sangat potensial untuk memenangkan/mengubah dunia, membangun harmoni dalam keberagaman dan membangun sumber daya manusia.

Untuk dapat mencapai harmoni di dalam keberagaman diperlukan juga perubahan dalam paradigma. Diperlukan perubahn paradigma karena cara seseorang memandang sesuatu adalah sumber cara seseorang berpikir dam bertindak. Hal tersebut akan dapat membentuk kebiasaan-kebiasaan baru. Di akhir materinya Bapak Yapada Haekase menyampaikan bahwa harmony di dalam keberagaman akan terwujud jika setiap orang memiliki integritas di dalam dirinya, karena integritas itu bukan dilihat dari apa yang dikatakan, tetapi perpaduan antara apa yang dikatakan dan apa yang dilakukan. Integritas akan memimpin seseorang berdampak bagi lingkungannya dan akan menolong seseorang memiliki karakter yang baik dalam menghargai diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar.

Kuliah Umum “Harmony in Diversity”

One thought on “Kuliah Umum “Harmony in Diversity”

  • July 22, 2016 at 4:50 pm
    Permalink

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in and view the post's comments. There you will have the option to edit or delete them.

Comments are closed.