Pendidikan Karakter bukan hanya berkaitan dengan penanaman nilai-nilai bagi mahasiswa atau civitas akademika namun juga merupakan sebuah usaha bersama untuk menciptakan sebuah lingkungan pendidikan tempat setiap individu dapat menghayati kebebasannya sebagai prasyarat bagi kehidupan moral yang dewasa yang bertanggung jawab dan bernilai bagi sesamanya. Pembangunan karakter sebagai upaya perwujudan amanat Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 dilatarbelakangi oleh realita permasalahan kebangsaan yang berkembang saat ini, seperti: disorientasi dan belum dihayatinya nilai-nilai Pancasila; keterbatasan perangkat kebijakan terpadu dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila; bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; memudarnya kesadaran terhadap nilai­nilai budaya bangsa; ancaman disintegrasi bangsa; dan melemahnya kemandirian bangsa (Buku Induk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025).

Untuk mendukung perwujudan cita-cita pembangunan karakter sebagaimana diamanatkan dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 serta mengatasi permasalahan kebangsaan saat ini, maka Pemerintah menjadikan pembangunan karakter sebagai salah satu program prioritas pembangunan nasional. Semangat itu secara implisit ditegaskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2005-2015, di mana pendidikan karakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu “mewujudkan masyarakat Universitas Dhyana Pura sebagai lembaga pendidikan formal berkepentingan mengambil bagian dalam pembangunan karakter bangsa melalui jalur pendidikan, dengan cara mempersiapkan mahasiswa maupun civitas akademika untuk menanamkan nilai –nilai luhur karakter bangsa. Lembaga Pembelajaran Karakter Universitas Dhyana Pura menyelenggarakan pembelajaran karakter bagi civitas akademika. Universitas Dhyana Pura telah menetapkan 7 Karakter Universitas Dhyana Pura, diantaranya sebagai berikut:

  • Self confidence (percaya diri)
  • Integrity (Integritas)
  • Plurarism (keberagaman)
  • Intra-entrepeneurship (kewira usahaan).
  • Servant Leadership (kepemimpinan yang melayani)
  • Professionalism (Profesional)
  • Globally (Mendunia)

Pembelajaran karakter diharapkan dapat dijadikan dasar berpikir, berkata dan bertindak dalam segala program yang direncanakan pada setiap orang.

7 Karakter Universitas Dhyana Pura